Twitter

PRASMANA Poudly Present Lomba Galang Ke-VIII

Author Unknown - -
Home » PRASMANA Poudly Present Lomba Galang Ke-VIII

                                   I.            Latar Belakang
      Dewasa ini banyak sekali hal-hal yang kiranya harus diperhatikan oleh generasi muda bangsa kita yang akan menjadi ujung tombak kelak di masa mendatang. Pada abad ke-21 ini persaingan semakin keras dan dunia diluar sana sangatlah kejam, maka dari itu diperlukanlah suatu kemampuan yang lebih, baik dari segi  intelektual maupun dari segi emosional. Untuk mencangkup semua kebutuhan itu ada suatu organisasi dimana organisasi tersebut memiliki skill yang lebih dari bidang yang disebut diatas, dan cara pengajaranya pun sangat inovatif salah satunya yaitu dengan cara pemberian materi ataupun dengan praktek. Bahkan organisasi ini berani mengimplementasikan materi yang didapat di masyarakat luas, dan ini sangat tepat untuk para pemuda Indonesia untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di suatu wadah yang benar sebelum mereka terjun di dunia kerja, wadah itu adalah Gerakan Pramuka.
Pramuka adalah suatu organisasi yang menjadi wadah bagi para pemuda untuk meningkatkan kualitas moral dan intelektual. Gerakan pramuka juga terdapat di SMA Negeri Ambulu yang bernama Gerakan Pramuka Ambalan Candradimuka. Gerakan Pramuka di satuan SMA ini telah melaksanakan berbagai kegiatan yang nantinya akan menjadikan pemuda Indonesia yang berpegang teguh pada nilai dan norma yang ada di kalangan masyarakat, dengan tidak mengurangi rasa takut terhadap tantangan hidup yang kelak menjadi semakin berat.
Pada semester kedua ini, kami Gerakan Pramuka Ambalan Candradimuka mengadakan suatu kegiatan dalam bentuk perlombaan yang didalamnya akan menjadikan suatu pengalaman yang tidak terlupakan, karena di dalam kegiatan ini akan menyajikan suatu persaingan untuk mencapai puncak prestasi yang kita inginkan sebagaimana besok kita akan menghadapinya ketika kita sudah bermasyarakat.


I.           Nama Kegiatan
Kegiatan ini kami beri nama :
“ LOMBA GALANG (LG)  Ke-VIII TINGKAT SMP/MTs
Se-Karesidenan Besuki Terbuka 2015 “

II.                Tema Kegiatan
Kegiatan ini kami beri tema:
Scout Character and Social Education

III.     Dasar Kegiatan
a.       Dasa Dharma dan Trisatya
b.      Program Kerja Penegak Ambalan Candradimuka
c.       AD/ART Gerakan Pramuka
d.      Rapat anggota tanggal 28 Desember 2015
e.       Program Kerja Sekbid V Pengurus OSIS Tahun 2014/2015
IV.    Tujuan Kegiatan
            Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan:
a.       Meningkatkan kemampuan anggota pramuka dalam bidang tertentu.
b.      Meningkatkan kualitas fisik anggota gerakan pramuka.
c.       Menambah rasa cinta terhadap tanah air.
d.      Mengamalkan Dasa Dharma.
e.       Membina rasa persaudaraan serta kebersamaan antar anggota pramuka.

V.       Waktu Dan Tempat
Hari                      :  Sabtu s/d Senin
Tanggal                :  23-25 Mei 2015
Tempat                 :   Brigade Infanteri 9 Kostrad Jember
   

VI.            Sasaran Kegiatan
Penggalang tingkat SMP/MTs. Wilayah Karesidenan Besuki dan sekitarnya. Tiap regu terdiri dari 8 orang anggota inti.
Ø  Fasilitas peserta :
1.      Piagam
2.      Sticker
3.      Id card
Ø  Fasilitas regu :
1.      Tropy per mata lomba
2.      Tropy juara khusus
3.      Tropy juara umum
4.      Piagam kejuaraan

VII.          Bentuk Kegiatan
·         Pendirian Tenda
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 8 orang (1 regu) yang mendirikan tenda dengan menggunakan alat  tongkat dan tali, serta disertai dengan pendirian gapura, mading, pagar dan ketentuan lain ditentukan panitia.
·         Korve
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 2 orang/regu untuk membuat sebuah laporan yang diserahkan kepada panitia.
·          Pionering
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 3 orang/regu untuk membuat sebuah bentuk bangunan rumah adat dengan menggunakan tongkat dan tali yang di ikat dengan simpul-simpul.
·                     Kreasi Yel-Yel
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 14 orang/pangkalan, Kegiatan ini melakukan seruan regu dengan fariasi gerakan-gerakan yang telah di buat dengan ketentuan dari panitia.
·                     LKBB Dance
Lomba ini di ikuti oleh peserta sebanyak 14 orang (1 pangkalan 7 PA & 7 PI) yang melakukan gerakan PBB dengan menggunakan tongkat dan di perpadukan dengan unsur gerkan dance/kreasi yel serta terdapat unsur lagu daerah.
·         Cakning
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 2 orang/pangkalan (1 PA & 1 PI) yang menampilkan sebuah fashion dengan memadukan unsur budaya dan pengetahuan, serta lomba terdiri atas 3 babak yaitu babak penyisihan1, 2, dan final.
·         Cerdas Debat
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 3 orang/regu yang mengerjakan soal-soal yang meliputi pengetahuan kepramukaan dan pengetahuan umum, serta lomba terdiri atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan final.
·         English Reporter
Lomba ini diikuti oleh 1 orang/regu yaitu melaporkan keadaan perkemahan dan perlombaan-perlombaan yang sedang berlangsung pada saat itu dengan menggunakan bahasa inggris, serta menyesuaikan dengan tema yang di berikan pada saat berlangsungnya perlombaan.
·         Senam Irama
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 10 orang/pangkalan (5 PA & 5PI) yaitu dengan cara melakukan gerakan senam irama yang telah di buat oleh peserta dengan iringan musik yang di berikan oleh panitia.
·         Penyuluhan
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 2 orang/ragu,Kegiatan ini seperti memberikan sosialisasi kepada peserta lain dengan tema yang telah di tentukan oleh panitia.
·         Hand Made
 Lomba ini diikuti oeh peserta sebanyak 2 orang/regu yaitu membuat sebuah karya kerajinan tangan dengan menggunakan bahan bekas dan disesuaikan dengan tema yang telah di tentukan oleh panitia.
·         Gebyar Seni
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak (Min 8 orang PA & PI,Max 14 orang PA & PI/pangkalan) yaitu menampilkan sebuah pertunjukan kresi seni yang telah di buat oleh masing-masing pangkalan dengan tema yang telah di tentukan oleh panitia.
·        Cheff
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 2 orang/regu yaitu dengan membuat satu jenis masakan se kreatif mungkin dengan bahan yang telah di tentukan oleh panitia.
·         TTG
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 2 orang/regu yaitu membuat sebuah kreasi teknologi tepat guna dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.
·         Jelajah
Lomba ini diikuti oleh peserta sebanyak 6 orang/regu,kegiatan ini seperti survival yang dilakukan oleh peserta jelajah dengan berbagai materi dan diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang menantang.
Dalam jelajah terdapat bebrapa kegiatan perlombaan,yaitu :
 PPGD                          Tanda Jejak
                         SMS                             Satlantas
                         Menaksir                    Ketangkasan
                         Pansket                       Halang Rintang   
                     
X.               Penutup
         Terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu demi terlaksana kegiatan ini, demikian proposal ini kami buat dengan harapan kegiatan yang kami laksanakan dapat berjalan dengan baik tanpa mengalami halangan yang  berarti.
                                                                            Ambulu, 28 Februari 2015

Dewan Ambalan





Pingki Dinda Harmilia
NIS.008428
Ketua Panitia





Syam Ramadhani I.P
NIS.008789

Ketua OSIS





Rofi’
NIS. 008546

Koor. Sekbid V





Rivaldy Rizalul Akhsan
NIS.008831

Pembina OSIS





Drs. H. Tohari, S.Psi, M.PdI
NIP. 19680215 199802 1 003

Pembina Gudep





H. Imam Hadari, S.Pd, M.Pd
NIP. 19600916 198403 1 011

Mengetahui,
Waka. Bid. Kesiswaan




Hadi Mulyono S. Pd
NIP. 19701008 199802 1 004